Manfaat Jahe Untuk Mendukung Kesehatan Tubuh dan Program Diet

Mengontrol kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Sebabnya jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.

Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

 

Menghaluskan kulit dan mencegah penuaan

Manfaat jahe untuk kecantikan kulit adalah berguna dalam mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini. Sebabnya jahe sudah sejak lama dikenal dalam pengobatan Ayurveda dan Cina sebagai agen anti penuaan dini.

“Kandungan zat antioksidan di dalam jahe akan meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan terjadinya kerusakan kulit, dan mencegah peradangan,” ungkap penelitian yang dilansir dari Reader’s Digest. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal bagi kulit, kamu bisa menggosok kulit dengan irisan jahe setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Manfaat jahe ini juga berguna dalam menghilangkan bekas luka hipopigmentasi.

Mencegah kanker usus

Manfaat jahe berikutnya adalah untuk mencegah kanker usus. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, ditemukan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi jahe memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus.

Membakar timbunan lemak

Manfaat jahe untuk tubuh lainnya adalah membakar lemak. Sebab jahe merupakan penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe larut di dalamnya lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

Mencegah selulit

Manfaat jahe untuk kesehatan kulit lain adalah berguna dalam mencegah selulit. Sebabnya jahe akan meningkatkan sirkulasi dan regenerasi sel kulit yang pada gilirannya membantu dalam melawan selulit. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang ini, kamu bisa membuat scrub kulit yang terdiri dari parutan jahe, gula organik, minyak zaitun, dan perasan air jeruk nipis. Gosokkan di kulit dengan gerakan memutar. Setelah kering, bilas dengan air dingin.

Manfaat jahe merah dan madu untuk pria

Selain mengandung potasium, magnesium, dan vitamin B6, jahe juga mengandung mangan. Di dalam tubuh, mineral ini berguna untuk mendukung kesehatan saraf. Saat kesehatan sarafmu meningkat dan jadi rileks, maka akan terjadi pelepasan hormon seksual berupa testosteron. Selain itu, manfaat jahe untuk mendukung kesehatan pria adalah meningkatkan produksi sperma dan libido seksual.

Kemudian, penelitian yang dilakukan di Maryland Medical Center juga menambahkan bahwa kandungan mangan dalam jahe menambah manfaat jahe yakni sebagai pencegah disfungsi ereksi dan ketidaksuburan. Kamu bisa mendapatkan manfaat jahe ini dengan cara mengonsumsi jahe merah yang sudah diparut kemudian dicampur madu.

Ada begitu banyak khasiat jahe untuk mendukung kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Jadi jika kamu sedang menderita penyakit ringan dan bisa disembuhkan dengan jahe, tak ada salahnya kamu mencoba pengobatan herbal tersebut daripada mengonsumsi obat berbahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *